Sabtu, 27 Oktober 2012

Godhul Bashor (Menjaga/Menahan Pandangan)



Sebenernya apa sih yang dimaksud menjaga pandangan? Nunduk kalo ketemu lawan jenis? Ngga boleh bertatapan sama lawan jenis? Ternyata ngga cuma itu aja yang harus kita tau tentang menjaga pandangan, so kalo kamu mau menjadi pribadi yang lebih baik, check this out! J

Secara bahasa, Godhul Bashor artinya menahan atau mengurangi pandangan. Sedangkan secara istilah, Godhul Bashor maksudnya menjaga dan tidak melepas kendali diri kita hingga menjadi ‘liar’.
Godhul Bashor itu diWAJIBkan di Surah An-Nuur (24) ayat 30-31. Di ayat tersebut kita diperintahkan untuk menjaga pandangan, memelihara kemaluan, tidak menampakkan aurat, dan disebutkan siapa saja yang menjadi mahrom kita.  Maksud menjaga pandangan di situ adalah menahan sebagian pandangan, dari kata ‘min absorihim’. ‘Min’ di situ menunjukkan ‘sebagian’. Jadi maksud kata sebagian ini yaitu pandangan kita terhadap lawan jenis yang tidak disengaja itu dimaafkan oleh Allah SWT. Misalnya, ketika kita bertemu dengan lawan jenis dan tidak sengaja berpandangan/bertatapan, itu termasuk pandangan yang dimaafkan olah Allah SWT. Tetapi jika terus berpandangan, menjadi disengaja alias dosa, sesuai dengan hadits berikut ini: “Pandangan pertama jangan diikuti pandangan selanjutnya, karena dosa” (HR. Tirmidzi). Serta hadits berikut ini: “Dua mata berzina apabila sedang berpandangan” (Mutafaqun ‘alaih). Tentu kita akan melaksanakan apa yang tertera pada Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita bukan?

Jadi orang yang godhul bashor itu orang yang tidak mengamati ketampanan / kecantikan seseorang, atau melihat sebentar tetapi kemudian mengucapkan ‘subhanallah’, dan tidak memandangnya lagi. Mengapa mengucapkan subhanallah? Karena kita mengagumi Allah yang telah menciptakan makhluknya dengan wajah yang sedemikian eloknya.

Sebenarnya kita pasti sering bertemu dengan lawan jenis, entah teman sekolah, kerja juga orang yang tidak dikenal sekali pun. Bagaimana ya caranya supaya kita bisa menjaga pandangan? Sebenarnya, tidak perlu  berkontak dengan lawan jenis jika tidak punya urusan penting atau mendesak. Kemudian ketika berbicara dengan lawan jenis jangan memandang lama-lama, karena bisa jadi zina mata yang akan menjadi zina hati. Intinya menjaga hati, tidak perlu berpikir macam-macam atau aneh-aneh, jika memang ada sesuatu dari dirinya yang kita kagumi, cukup ucapkan ‘subhanallah’.

Tahukah kamu kalo Godhul Bashor itu bukan hanya berlaku terhadap orang-orang di sekitar kita atau orang yang kita lihat dan temui, melainkan juga dengan lawan jenis yang ada di TV, drama korea, movie hollywood, boyband/girlband, dan lain-lain. Misalnya, karena hallyu (Korean wave : demam korea) sekarang sedang merajalela dimana-mana termasuk Indonesia, banyak perempuan yang nge-fans dengan aktor atau personil boyband. Apalagi ada yang suka freak, membayangkan wajah tampannya, senyum-senyum sendiri setelah lihat mukanya di TV atau di laptop, bahkan ngebayangin bisa jadi pacarnya atau suaminya, itu termasuk ngga bisa jaga pandangan... hati-hati.

Berikut ini faktor-faktor mengapa seseorang tidak bisa menjaga pandangan :
1.      Mengikuti setan / hawa nafsu.
Sebenarnya setan selalu mengganggu kita dimanapun dan kapanpun. Jadi, kontrol diri lah dengan banyak mengingat Allah SWT.
2.      Jahil / tidak tahu.
Sebelum kita tahu perintah Allah mengenai Godhul Bashor ini, mungkin saja kita telah melakukan banyak hal yang tergolong tidak Godhul Bashor. Setelah tahu, berusaha untuk godhul bashor.
3.      Lupa terhadap ancaman dan siksa Allah SWT & mengandalkan ampunan Allah SWT.
Lupa terhadap larangan Allah SWT, kemudian setelah kita melakukannya (tidak godhul bashor) kita berharap atau bahkan yakin Allah SWT akan mengampuni kita.
4.      Terbiasa melihat sesuatu yang berbau porno.
Karena sudah terbiasa, maka Godhul Bashor sulit dilakukan.
5.      Sering berada di tempat umum (yang ada cewek dan cowok).
Otomatis hal ini cukup sulit membuat kita Godhul Bashor karena begitu banyak lawan jenis di sekitar kita.
6.      Merasa kelezatan semu.
Sebenarnya ketika kita melihat yang haram, seharusnya kita bersedih dan istighfar.
7.      Godaan dari lawan jenis.
Bisa dari ucapan, gerakan, bahkan suara. Tanpa perlu dijelaskan, bagaimana gerakan bisa menggoda sepertinya sudah mengerti ya. Kalu jika dari ucapan misalnya perempuan yang berbicara dengan lawan jenis dengan nada yang lembut dan manja, atau sok lembut dan manja. Lalu bagaimana dengan suara? Jangan salah, suara perempuan itu aurat, bukan tidak mungkin laki-laki bisa jatuh cinta dengan perempuan ketika mendengar dia bernyanyi. Jadi wahai kaum perempuan, berbicaralah seperlunya kepada lawan jenis.

Kemudian efek negatif jika kita tidak melakukan Godhul Bashor :
1.      Hati menjadi rusak. Sudah terlanjur tercemar hal yang ga baik.
2.      Turunnya bala / celaka.
3.      Amal kebaikan kita rusak.
4.      Lalai atau lupa terhadap Allah SWT.
5.      Lalai atau lupa terhadap Hari Akhir.
6.      Rendahnya mata (tidak bisa mengontrol pandangannya)
7.      Terjebak dalam zina.
8.      Lupa diri.
Terakhir, manfaat dari Godhul Bashor :
1.      Membebaskan hati dari penyesalan dengan begitu hati menjadi tenang.
2.      Hati yang bercahaya terpancar dari mata dan wajah.
3.      Terbukanya pintu ilmu jadi penuh konsentrasi.
4.      Mempertajam prediksi dan firasat.
5.      Datangnya mahabatullah (cinta kepada Allah).

Note:
Ini author tulis dari sebuah materi yang author dapatkan. Bukan untuk menggurui, tetapi untuk sharing~ Bukan berarti juga author sudah hebat atau lebih baik, justru dengan menulis ini juga mengingatkan saya untuk godhul bashor. Karena sebelumnya juga author tidak tahu tentang godhul bashor. Semoga ini bisa membantu kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih taat kepada Allah SWT, amiin  J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar